Wednesday, October 17, 2012

Agar Puding Terasa Makin Sedap , Ini Caranya ?

 

Ghiboo.com - Puding biasanya dijadikan sebagai makanan penutup atau dessert. Kadang-kadang juga dibuat untuk sekedar jadi camilan di rumah untuk keluarga.

Puding banyak jenisnya, ada puding susu, puding santan, puding busa, puding telur, puding buah, puding cake/bolu, dan puding lapis. Masing-masing punya cara sendiri dalam membuatnya.

Yuk, lihat tip membuat beraneka macam puding berikut ini:
Puding susu

Biasanya puding susu menggunakan susu segar. Jika bukan susu segar maka harus dicairkan terlebih dahulu. Cara membuat puding susu, biasanya susu di didihkan terpisah, agar-agar di didihkan dengan sedikit air di tempat lain. setelah susu mendidih, tuang cairan agar-agar, aduk sebentar, siap di cetak
Puding buah

Buah-buah segar atau kalengan sering di masukkan pada pudding, dengan di tata agar manis. dibutuhkan kesabaran untuk membuat buah tampil cantik pada puding. Caranya, tata buah di dasar cetakan, tuang sedikit adonan puding, biarkan sedikit membeku agar mengikat buah-buahan pada tempatnya. setelah itu baru dituang sisa adonan
Puding lapis

Tiap lapis, selalu harus di tunggu sampai setengah beku, baru di tuang lapisan berikutnya. Bagaimana kalau adonan puding di panci membeku? jangan khawatir karena masih bisa dipanaskan lagi, dan adonan akan mencair kembali.
Puding santan

puding santan selalu menghasilkan lapisan pada pudingnya, yaitu bening dan keruh bagian atas yang merupakan santan kental. Ini tidak dapat dihindari, karena klo bikin puding santan suka gitu warnanya. Tapi dapat di kurangi, dengan tidak buru-buru menuang puding dalam cetakan, tapi di aduk-aduk dulu sampai suhu panas puding berkurang, dan menjelang membeku, tuang pada cetakan.
Puding busa

Busa dihasilkan dari telur putih yang dikocok sampai kaku ato sampai kocokan telur putih tadi berbusa. Cara mencampur telur putih dengan pudding, tuangkan cairang puding sedikit sedikit ke wadah telur putih, sambil di aduk atau mixer speed rendah sampai rata. Seperti puding santan, adonan ini akan memisahkan diri antara cairan dan busanya. Jika mengharapkan menyatu, aduk2 puding sampai mau dingin, baru di tuang di cetakan.
Puding telur

Kuning telur, biasanya digunakan untuk membuat puding menjadi lebih gurih. Tapi kita harus ati-ati waktu mencampur kuning telur, supaya tidak bergumpal-gumpal pada adonan puding. Caranya : kuning telur di kocok lepas di satu wadah. Tuang satu atau dua sendok makan makan puding panas pada kocokan telur, aduk cepat supaya tidak menggumpal, lalu tuang adonan ini pada panci pudingnya, aduk rata.
Puding cake atau bolu

Aduk-aduk adonan sampai menjadi hampir dingin, tuang perlahan diatas cake atau bolu, agar terjadi lapisan yang bagus.

No comments:

Post a Comment