Saturday, October 13, 2012

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat

Komposisi Coklat yang Menjadikannya Bermanfaat
Biji coklat memiliki kandungan alkanoid yang menyebabkan rasanya menjadi pahit. Selain itu biji coklat juga mengandung protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. 9% Protein yang terkandung dalam biji coklat itu memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Sehingga dengan kandungan yang demikian beragam, manfaat coklat bagi kesehatan tentu juga sangat beragam.

Mungkin sebagian dari kita selama ini menganggap bahwa permen coklat dapat menyebabkan gigi keropos (caries) serta menyebabkan kegemukan. Namun, sebuah studi di Universitas Harvard mengatakan bahwa dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup serta menu makanan yang seimbang, Anda dapat memperoleh manfaat coklat tanpa harus khawatir dengan resiko caries atau kegemukan.

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan
Setelah diketahui bahwa manfaat coklat sangatlah beragam, berbagai olahan coklat terus mengalami perkembangan. Coklat banyak diolah menjadi snack atau coklat batang yang disukai oleh berbagai kalangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat coklat untuk kesehatan:
Coklat untuk menangkap radikal bebas dari dalam tubuh. Manfaat coklat ini diperoleh karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam coklat (3 x lebih banyak dari teh hijau).

Coklat dapat mengurangi kolesterol dalam darah.
Coklat dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.
Coklat dapat mencegah darah tinggi dan stroke.
Coklat sebagai sumber nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh.

Setelah kita mengetahui bahwa manfaat coklat demikian banyak, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan coklat sebagai pilihan dalam hidangan Anda sehari-hari. Sebagai tips penutup, sebaiknya Anda mengonsumsi coklat yang memiliki kandungan kakao (biji coklat) yang tinggi untuk memperoleh manfaat coklat yang maksimal.

No comments:

Post a Comment