Wednesday, October 10, 2012

Inilah Robot Pintar Bernama Simon.


robot,robot pintar, robot simon, tegi robot
Perkembangan robot saat ini sudah sangat pesat sekali. Bagaimana tidak, kemarin saya membaca berita tentang robot yang sangat pandai. Robot tersebut diberi nama Robot Simon. 
Simon, pertama kali diperkenalkan ke publik saat konferensi Computer Human Interaction (CHI) di Atlanta pekan lalu. Robot pintar ini merupakan proyek robotik yang dikembangkan para ilmuwan di laboratorium Socially Intelligent Machines, Georgia Institute of Technology. (Lihat video) 
 
Seperti dilansir Computer World, Selasa (20/4/2010), saat dipamerkan pada konferensi CHI, Simon diminta mengerjakan berbagai tugas. Diantaranya mengenali warna benda dan menaruhnya pada keranjang dengan warna yang sesuai.Ketika mulai mengajari Simon, para peneliti akan bertanya padanya, “Simon apakah kau bisa mendengarkan saya?,” kemudian Simon merespons pertanyaan tersebut dengan berkata, “Ya.” Selanjutnya tim peneliti meminta Simon untuk mempelajari suatu tugas yang nanti akan dikerjakannya hingga selesai.

Thomaz sang ilmuwan mengungkapkan, salah satu tantangan terbesar dalam mengembangkan Simon adalah merancang sistem integrasi. “Kami menggunakan OpenCV (Open Source Computer Vision) dan sistem pengenalan suara,” ujarnya.
Dia menambahkan, Simon juga dapat mengenali wajah dan lokalisasi suara. Saat ini, bagian tubuh Simon hanya baru sebatas pinggang. Dibelakangnya terdapat bank berisi empat monitor komputer yang memperlihatkan berbagai informasi mengenai status robot. Para pengembangnya menyebutkan, hingga saat ini mereka belum berencana mengkomersilkan Simon. 
Wah, bagaimana nasib manusia nantinya yah atas kehadiran robot yang bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Pekerja rumah tangga bisa-bisa gulung tikar donk, TKI???

No comments:

Post a Comment