Sunday, October 7, 2012

Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan



Negara Indonesia terkenal karena memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah, mulai dari minyak bumi sampai hasil lautnya, sayang sekali pengelolaan sumber daya tersebut tidak sepenuhnya dikelola oleh masyarakat kita sendiri. 



Salah satu hasil laut Indonesia yang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan adalah rumput laut, budidaya rumput laut di Indonesia tersebar di berbagai daerah pesisir. Rumput laut dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik, bahkan terdapat 22 jenis yang dimanfaatkan sebagai makanan.


Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan


Manfaat%2BRumput%2BLaut%2BBagi%2BKesehatan 
Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan Rumput laut memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan kita, berikut ini adalah sebagian dari kasiat rumput laut yang bisa saya sebutkan di blog ini.

Antikanker.

Penelitian di Harvad School of Public Health di Amerika mengungkapkan wanita pre-menopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Sebab, pola makan wanita Jepang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

Antioksidan.
Klorofil pada ganggang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mencegah Kardiovaskular. Para ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengonsumsi rumput laut sangat dianjurkan lantaran dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Makanan Diet.
Kandungan  serat pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas.

Mencegah penyakit sroke.
Mengonsumsi rumput laut dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada seseorang.

Mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.
Kandungan vitamin, mineral, asam amino dan enzim dalam rumput laut sangat potensial sebagai antioksidan yang berperan dalam penyembuhan dan peremajaan kulit. Vitamin A (beta carotene) dan vitamin C bekerja sama dalam memelihara kolagen, sedangkan kandungan protein dari rumput laut penting untuk membentuk jaringan baru 

Nah itulah tadi beberapa
manfaat atau khasiat dari rumput laut yang bisa saya sebutkan di blog ini, masih banyak lagi khasiat yang lain dari rumput laut ini, jadi sebenarnya ada banyak sekali  potensi dari rumput laut ini.
sumber

No comments:

Post a Comment