Friday, October 12, 2012

Surat Cinta Mahasiswa Indonesia di Melbourne untuk SBY

 Surat Cinta Mahasiswa Indonesia di Melbourne untuk SBY

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah mahasiswa di Melbourne, Australia yang tergabung dalam Komunitas Indomelb, menggelar aksi damai dan pernyataan sikap, terkait friksi antara KPK dengan Polri.

Dalam rilis yang dikirim ke Tribunnews.com, Jumat (12/10/2012), para mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Melbourne melampirkan surat terbuka yang mereka sebut 'surat cinta' kepada Presiden SBY.

"Ini menunjukkan kecintaan dan kepedulian kami terhadap situasi yang terjadi di Tanah Air," kata Aminuddin M Ramdan, Lurah Indomelb sekaligus koordinator aksi.
Inilah 'surat cinta' untuk SBY selengkapnya.

Kepada Yth
Bapak Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Republik Indonesia
Beberapa minggu terakhir ini, kami warga negara Indonesia yang tinggal di Melbourne, mendengar adanya kekisruhan antara dua institusi, yang menurut pandangan kami, merupakan dua institusi vital dalam
upaya penegakan hukum, terutama dalam hal pemberantasan korupsi, yaitu antara KPK dan Polri.
Mendengar dan menyaksikan perseteruan tersebut, tentu lah kami yang walaupun hidup di negeri orang, yang jaraknya terpisahkan oleh lautan, tapi kami sangat rindu akan negeri kami yang terbentang luas, meliputi ratusan ribu pulau dengan segala keanekaragamannya.
Kami ingin berpartisipasi dalam
upaya pemberantasan korupsi, dan kami masih memiliki harapan yang begitu besar secara khusus, untuk adanya perbaikan ke arah yang lebih baik di dalam kedua institusi.
Karena itu, kami sangat mengapresiasi tindakan Bapak selaku Presiden, yang pada
akhirnya memberikan pernyataan, yang menurut pendapat kami menunjukkan ketegasan Bapak dalam upaya penegakan korupsi.
Di mana, Bapak menyatakan pada intinya, dalam waktu dekat ini tidak perlu ada revisi terhadap UU KPK, dan bila nantinya ada, semangatnya adalah untuk tidak
memperlemah kedudukan dan kewenangan KPK.
Bapak juga meminta KPK dan Polri
untuk merevisi MoU, agar bersinergi dalam melakukan upaya-upaya pemberantasan
korupsi.
Kami sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di Melbourne, ingin mengungkapkan dukungan dan rasa kecintaan kami akan negara kami Indonesia, termasuk pula kecintaan kami akan kedua institusi yang perannya sangat signifikan dan berdampak luas dalam masyarakat, bila dijalankan dengan baik
dan penuh akuntabilitas.
Karena itu, kami ingin menyampaikan beberapa hal, bahwa:
Pertama, kami sangat peduli dengan konflik yang terjadi di antara kedua lembaga (KPK dan Polri).
Kami berharap ke depannya tidak perlu lagi ada pertikaian semacam itu, sehingga terjadi
sinergi dan harmonisasi di antara kedua lembaga, terutama dalam upaya memberantas korupsi.
Kedua, ada baiknya anggota DPR yang terhormat tidak merevisi UU KPK, bila semangatnya hanya untuk melemahkan kewenangan KPK, sebuah tindakan yang menurut hemat kami akan memperburuk
citra DPR di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang mereka wakili.
Karenanya, kami mencoba mengakomodasi suara rakyat yang kami lihat dan baca di media massa, menentang adanya revisi UU
KPK yang membatasi kewenangan KPK dalam pemberantasan korupsi yang sudah sangat parah, di negeri yang sama-sama kita cintai ini.
Ketiga, kami sangat mendukung pernyataan Bapak Presiden yang menurut pendapat kami dapat menjadi solusi bagi kedua lembaga tersebut.
Terdengar bahwa Bapak Presiden sangat tegas dan jelas dalam mengeluarkan solusi, yang seharusnya dijalankan oleh kedua institusi dan lembaga-lembaga lain yang terkait.
Namun, besar harapan kami, bahwa hal-hal yang sudah disampaikan hendaknya tidak hanya
sekadar retorika.
Kami berharap adanya itikad baik untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih
baik, dan kami menaruh harapan yang besar kepada Bapak, dalam hal ini untuk memastikan terjadinya perubahan, semuanya hanya untuk bangsa Indonesia, yang kita cintai bersama.
Demikian surat kami dari negeri yang jauh, kami akan dengan senang hati terus mengawal upaya-upaya pemberantasan korupsi untuk INDONESIA yang LEBIH BAIK LAGI.
Semoga Bapak Presiden tidak bergeming dari ketegasannya. Salam penuh cinta dan kerinduan dari Melbourne.

No comments:

Post a Comment